01 Desember 2010

contoh proposal bakti sosial

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Lembaga perguruan tinggi tidak hanya sebagai tempat pengembangan manusia yang berintelektual, namun juga sebagai pengembangan jiwa sosial kemasyarakatan. Terlihat dengan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Pertama, pendidikan berfungsi untuk membentuk manusia yang berintelektual yang berguna bagi nusa dan bangsa. Kedua, penelitian berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang observasi yang menunjang keahlian mahasiswa dalam bidang tertentu. Ketiga, pengabdian pada masyarakat yang berfungsi untuk membentuk serta mengembangkan jiwa sosial para mahasiswa.
Teori saja tentu tidak ada cukup, hal yang terpenting adalah bagaimana implimentasinya di masyarakat. Untuk itu, mahasiswalah yang mengemban semuanya itu, mahasiswa diberikan tanggung jawab besar dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa. Mengingat sekarang bangsa kita sedang terpuruk dalam dunia globalisasi yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial yang mengarah ke hal-hal yang berdamapak negatif terhadap perkembangan masyarakat. Dengan kondisi seperti ini, mahasiswa dituntut untuk terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan upaya-upaya konkrit dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Selain itu, mahasiswa sebagai manusia yang berintelektual tinggi juga dituntut agar memberikan sumbangsihnya tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dalam bentuk moril. Sumbangan moril ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat dalam menghadapi setiap tantangan hidup, seperti yang terjadi di era globalisasi sekarang ini.
Mahasiswa juga sebagai generasi muda menyadari tanggung jawabnya atas kelangsungan generasi-generasi terdahulu, yang merupakan tonggak dari perkembangan bangsa. Generasi-generasi muda inilah yang akan menggerakkan haluan bangsa, apakah ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Semuanya tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari setiap masyarakat beserta seluruh elemen yang ada di dalamnya dengan tujuan untuk kemajuan bangsa.
Oleh karena itu, Majelis Mahasiswa Universitas yang berada di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa merasa mempunyai tanggung jawab terhadap perkembangan bangsa, dan untuk mengaplikasikan semuanya itu, MMU-KBM-UST mengadakan kegiatan Aksi Sosial. Aksi Sosial ini khusus diimplementasikan kepada masyarakat-masyarakat yang masih mengalami ketertinggalan, baik dari segi perkembangan sosial maupun dari segi pendidikan yang masih berada pada garis kemiskinan.
B. Nama Kegiatan
“BAKTI SOSIAL UST’10”
C. Jenis Kegiatan
Kegiatan “BAKTI SOSIAL UST’10” mengutamakan bidang pelayanan sosial. Kegiatan dalam bidang sosial diwujudkan dengan cara melakukan bakti sosial, dengan cara memberikan bantuan kepada anak-anak panti asuhan yang berada di daerah istimewa Yogyakarta.
D. Maksud dan Tujuan
Maksud :
 Sebagai langkah konkrit dalam mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi dalam menghasilkan mahasiswa yang bertanggung jawab, baik secara moril maupun materil terhadap perkembangan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Yogyakarta khususnya.
 Melaksanakan secara nyata fungsi, tanggung jawab, dan peran aktif Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di masyarakat.
Tujuan :
 Membentuk kepribadian mahasiswa yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan masyarakat.
 Meningkatkan etos kerja mahasiswa secara konkrit.
 Menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya berintelektual tinggi, tetapi juga harus memiliki rasa tanggung jawab serta berperan aktif terhadap kehidupan masyarakat.
E. Tema kegiatan :
“UST PEDULI SESAMA 2010”.
F. Sasaran dan Tempat Kegiatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar